Teknologi Cryptocurrency Bitcoin Dalam Transaksi Bisnis Menurut Syariat Islam

Written by Josu on June 11, 2020 in Mata Uang Kripto menjadi salah satu sumber penghasilan with no comments.

Sebagaimana diketahui penggunaan cryptocurrency memang hingga kini masih abu-abu. Bahkan Mufti Mesir menyatakan bahwa uang digital itu haram karena digunakan untuk kegiatan yang ilegal oleh sebagian kalangan. Kedua hal tersebut saja sudah mengeliminasi bitcoin dari kriteria standar mata uang, oleh karena dua alasan.

Para traders menggunakan teknik canggih seperti analisis teknis, analisis sentimen pasar, dan alat lain untuk menghasilkan keuntungan cepat dalam jangka pendek. Meskipun dalam pasar modal syariah di Indonesia, saham dari semua perusahaan yang masuk listing telah lolos proses screening, tapi bukan berarti transaksi yang dilakukan bebas tanpa ada pembatasan. Sementara itu keunggulan reksa dana syariah dengan deposito maupun obligasi syariah adalah keuntungannya yang lebih tinggi. reksa dana syariah dalam lima tahun terakhir terbukti memberikan keuntungan investasi sekitar 40-71%. Itu berarti, setiap tahun, rata-rata keuntungan reksa dana syariah mencapai 8-14% dan tidak dipotong pajak. Anda dapat membandingkan bagi hasil deposito syariah yang rata-rata hanya memberikan keuntungan 5% per tahun dan masih harus dipotong pajak.

Kebetulan dalam beberapa waktu terakhir, saya sedang mengikuti kursus “Certified Islamic Business and Finance Technology dan melalui media ini akan mencoba untuk sedikit share berbagai opini terkait topik halal-haram ini. Diqiyaskan dengan emas dan perak, semua benda yang disepakati berlaku sebagai mata uang dan alat tukar. Beroperasi sejak tahun 2017, Rekeningku.com menyediakan aplikasi jual-beli dan investasi aset kripto untuk pengguna smartphone bersistem operasi Android dan iOS. Merupakan aplikasi jual-beli dan investasi aset kripto yang dikembangkan dengan dukungan dari Binance, salah satu pedagang aset kripto terbesar di dunia.

Pengamanan tersebut dilakukan mempergunakan teknik Cryptography dengan coding dan mempergunakan protokol matematika dalam sistem. Pada umumnya bitcoin tidak diakui otoritas dan regulator sebagai mata uang dan alat tukar resmi karena tidak merefresentasikan nilai aset. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.

Jika keberhasilan transaksi ijon bergantung kepada takdir tatkala panen, keberhasilan investasi bitcoin sangat bergantung kepada takdir tren yang berlaku di komunitasnya. Selama mereka masih suka, harga bitcoin masih bisa dipertahankan. Pengamanan penggunaan dan persebaran Cryptocurrency pun berbeda dengan mata uang biasa dikarenakan bentuk dan sifat Cryptocurrency yang digital dan juga eksklusif kepada jaringan tertentu dalam Blockchain.

Sebelumnya, harga bitcoin kembali jatuh setelah seruan intensif dari otoritas China menindak penambangan dan perdagangan uang kripto. Misal, ExoCoin menawarkan investasi mata uang digital dengan imbal hasil persen per bulan. Ada lagi, Bitcoin Trading & Cloud Mining Limited yang menawarkan imbal hasil 4,1 persen per hari, dan bonus US$100,.

Apakah Crypto halal?

Perlu diketahui bahwa trading aset crypto merupakan yang sudah resmi diperbolehkan khususnya di Indonesia dana mendapatkan legalitas dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi . Sekalipun keputusan ini tidak dilaksanakan, tapi kita bisa melihat bahwa para sahabat mengakui bolehnya memproduksi mata uang dengan bahan dari selain emas dan perak. Bisa saja, ada orang yang menyembelih onta, hanya untuk diambil kulitnya.

Metode ini cocok banget buat yang memiliki keahlian menulis untuk bisa mendapatkannya secara cuma-cuma. Cara investasi Bitcoin yang kedua adalah mendapatkan Bitcoin dengan membeli. Calon investor harus mengunduh dompet Bitcoin terlebih dahulu untuk melakukan transaksi. Bila sudah mengikuti langkah sebelumnya dengan membuat akun, selanjutnya buka dompetnya.

Dilansir dari situs resmi bitcoin, dijelaskan beberapa keuntungan yang didapatkan oleh penggunanya. Melalui perantara dunia cyber, maka bitcoin pun dapat digunakan dengan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi tanpa otoritas pusat atau financial institution. Bitcoin bersifat open-source, di mana desain serta kepemilikannya dapat diakuisisi oleh berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Comments are closed.