Berpotensi Bullish, Saatnya Berinvestasi Aset Crypto

Written by Josu on June 12, 2020 in Mata Uang Kripto menjadi salah satu sumber penghasilan with no comments.

Perpindahan uang ke perbankan on-line dan teknologi yang memungkinkan adanya remote-desktop membuat manuver dan transfer dana dari akun ke akun jauh lebih populer bagi para pencuci uang. Berdasarkan hal tersebut, bitcoin menjadi salah satu sarana teknologi finansial yang dapat berisiko terjadinya kejahatan. Dalam transaksi bitcoin, perlindungan privasi yang kuat dirancang sedemikian rupa.

Dan karena pada praktiknya, cryptocurrency seperti bitcoin bisa dibilang memenuhi definisi uang yang disepakati oleh jumhur ulama yaitu sebagai alat tukar, standar pengukuran dan penyimpan nilai. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tidak diberikan regulasi oleh pemerintah dan tidak termasuk mata uang resmi. Bitcoin dibatasi hanya 21 juta, yang dapat diperoleh dengan cara membelinya atau menambangnya. Bitcoin adalah bagian dari perkembangan teknologi digital yang ingin membuat alat tukar transaksi bahkan investasi di luar kontrol financial institution sentral dan pemerintah manapun di dunia manapun. Bitcoin sepenuhnya mekanisme pasar digital tergantung permintaan dan suplai.

Aset kripto ini dibuat oleh pemrogram dengan menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin diciptakan untuk memecahkan beberapa kekurangan mata uang kripto yang besar. “Andaikan orang-orang membuat uang dari kulit dan dijadikan alat tukar oleh mereka, maka saya melarang uang kulit itu ditukar dengan emas dan perak dengan cara tidak tunai”. Dan blockchain mencakup seluruh kategori teknologi dengan aplikasi yang luas. Seperti di Jerman, bitcoin diakui sebagai mata uang dibawah perlindungan hukum, sehingga memenuhi syarat sebagai uang dalam Islam di Jerman.

Menurut Syariat Islam, bahwasanya blokchain memang bisa diakui sebagai teknologi revolusioner yang sangat baik. Tetapi, penggunaannya sebagai investasi mengandung unsur maysir , dan sebagai instrumen transaksi bisnis, mengandung unsur gharar . Kedudukannya adalah haram lighairi (halal yang menjadi haram karena dipengaruhi oleh hal-hal lainnya).

Apakah Crypto halal?

Kecerdasan buatan atau intelegensi artifisial didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk menafsirkan knowledge eksternal dengan benar guna mencapai tujuan tertentu. Kemampuan blockchain dapat disinergikan dengan AI, sehingga menghasilkan sistem yang lebih andal. AI dapat digunakan untuk membantu blockchain dengan cara mendeteksi kandungan dari zat produk pangan dan obat-obatan tanpa merusaknya.

Cara baru ini mendapat dukungan dari startup Combo Innovation, perusahaan blockchain yang berfokus pada keuangan Islam. Seperti mata uang lainnya, produk dan jasa bertuliskan nama Bitcoin telah digunakan oleh scammertidak etis dan penjahat cyber untuk mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang tidak bersalah, terutama dari yang kurang cermat di segi finansial. Bitcoin memiliki banyak keuntungan, yaitu cepat, aman dan bebas untuk mengirimkan suatu nilai kepada teman atau keluarga baik lokal maupun internasional. Namun KH. Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia , berpendapat bahwa sebenarnya keberadaan bitcoin sebagai mata uang baru bukan suatu masalah.

Penggunaannya bersifat desentralisasi, atau dapat digunakan tanpa otorisasi financial institution sentral di setiap negara. Bitcoin pun dapat menjadi alat transaksi, karena nilainya yang sangat diperhitungkan dalam dunia siber dalam jenis pembayaran barang legal hingga ilegal. Berdasarkan hal tersebut, secara umum akan dibahas mengenai risiko bitcoin menjadi wadah serta fasilitas yang sangat mempermudah transaksi dengan tujuan cash laundering. Kedua, saya mengamati bahwa mata uang kripto semakin diterima sebagai alat pembayaran. Saya sendiri pernah merasakannya secara langsung, dimana permintaan dibayar dalam mata uang crypto atas suatu transaksi digital.

Comments are closed.