3

Atur Waktu Kuliah Sembari Kerja? Enggak Masalah!

Bag / May 7, 2020

Contohnya, kamu bisa gunakan waktu perjalanan menuju tempat kerja dengan belajar untuk ujian di kampus atau mengerjakan tugas. Selain membaca, kamu juga bisa mendengarkan rekaman materi pelajaran yang bisa kamu dapatkan secara online. Sehingga, kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika ujian di kampus tiba, tanpa beralasan tidak adanya waktu untuk belajar. Bekerja dan kuliah di waktu yang bersamaan memang memberikan banyak manfaat.

Kalau kamu memiliki deadline tugas kuliah, maka gunakan waktu luangmu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu. Meskipun deadline tugas kuliah masih jauh, kamu juga harus cek, gaes, tentang seberapa sulit tugas kuliahmu. Kalau ternyata tugasmu cukup sulit, setidaknya, cicil tugasmu dari jauh-jauh hari sehingga kamu nggak akan repot ketika deadline pengumpulan tugas sudah mendekatimu.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Melakukan kuliah sambil bekerja membuat waktu luangmu sangat berkurang. Untuk itu kalian harus benar-benar mampu membuat agenda harian secara rutin serta selalu menjaga konsistensi. Saat kamu bekerja sambil kuliah kamu tak hanya menambah uang saku kamu untuk jajan, membeli barang yang kamu inginkan membayar kostan, membeli buku, atau menambah uang liburan kamu. Pengalaman yang kamu dapatkan saat bekerja sambil kuliah akan sangat membantu kamu saat kamu lulus kuliah dan langsung terjun di tengah masyarakat. Pengalaman bekerja sama di dalam sebuah tim pun akan sangat berguna untuk saat kamu sepenuhnya bekerja setelah lulus.

Kalau kamu nggak mau repot pergi ke luar rumah atau kosan untuk bekerja, kamu bisa cobain untuk jadi penulis lepas. Bukan cuma jurnalis atau wartawan yang dibayar untuk menulis, sekarang ini ada banyak situs net, majalah, atau blog yang membutuhkan jasa penulis konten lepas untuk menulis artikel atau e-book untuk mereka. Sebenarnya ada cara yang efektif untuk menghadapi hal ini lho, yaitu dengan menghasilkan uang sendiri.

Untuk itu, pendidikan formal menjadi hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Entah disadari atau tidak, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu dengan sekadar bermain gadget atau menikmati media hiburan sehingga tugas kuliah jadi menumpuk. Padahal mahasiswa di masa pandemi harus lebih cermat lagi dalam memanajemen waktu agar tidak terbuang sia-sia. Setelah tadi Anda membuat list daftar pekerjaan-pekerjaan yang harus Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menyusun jadwalnya.

Waktu les atau mengisi kelas bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kosong di luar jam kuliah. Jika kamu belum memiliki berbagai kegiatan di luar belajar dan praktikum, kamu kamu menentukan kegiatan yang bisa kamu lakukan. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan jadwal pertemuan organisasi atau klub tersebut ke dalam jadwalmu.

Dengan memiliki pekerjaan sampingan, bukan cuma mendapatkan uang tambahan, tapi kamu juga jadi bisa belajar banyak hal. Misalnya, pengalaman baru, belajar disiplin, tambah kenalan, atau belajar untuk me-handle waktu. Di atas segalanya, kunci sukses jika pengin kerja sambil kuliah adalah manajemen diri yang baik. So, mulailah berlatih memfokuskan diri ke dalam kegiatan yang sedang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *